Kutu Rambut Bikin Pusing

Kutu Apa yang Bikin Dagdigdug? Kutu Rambut!

Yup, jawabannya adalah kutu rambut. Siapa yang tak mengenal hewan kecil satu ini? Hewan yang hidup di kulit kepala ini, melekat kuat di helai rambut dan menghisap darah di area sekitarnya. Bikin dagdigdug, bukan? Karena selain menyebabkan gatal, kutu rambut juga membuat penderita susah tidur di malam hari. Hal ini karena kutu rambut merupakan hewan yang aktif di kondisi gelap.

Bagi kamu-kamu yang sekarang sudah menjadi ibu, pasti tahu, nih, kesalnya ketika anak tertular kutu rambut. Bukan hanya membuat anak kurang tidur karena sibuk menggaruk kepala di malam hari, tapi juga harus siap membasmi kutu-kutu tersebut sebelum terlambat. Duh… Tapi kamu tidak perlu panik. Yuk, kenali dulu penjelesan tentang kutu rambut berikut ini:

Tentang Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan sejenis parasit berukuran kecil, hampir sebesar biji wijen, yang hidup di kepala manusia. Meski begitu, ternyata kutu rambut mampu menghisap darah di kulit kepala, dan menyebabkan rasa gatal tak tertahankan. Hal ini karena air liur dan tinja kutu rambut yang bisa menimbulkan semacam reaksi alergi yaitu gatal-gatal pada kulit manusia. Gatal yang dirasakan biasanya tak hanya terjadi di kulit kepala saja, tapi juga di telinga bahkan sampai ke leher penderita.

Karena memiliki warna yang sama dengan warna rambut, kutu rambut seringkali susah diambil. Sedangkan, telur-telur kutu rambut berwarna kuning atau cenderung cokelat. Betina kutu rambut mampu bertelur sebanyak enam buah per hari. Kemudian dalam waktu delapan hari, telur-telur tersebut menetas menjadi kutu rambut dewasa yang nantinya menjadi penerus kutu baru dan menguasai area rambut manusia.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut di Kepala

Banyak orang dewasa yang pernah diserang kutu rambut ketika masih anak-anak. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Ya, karena pada umumnya kutu rambut memang menyerang anak-anak. Meski demikian, tak menutup kemungkinan untuk menular pada orang dewasa yang tinggal serumah. Kutu rambut tidak bisa berpindah tempat jika tidak ada kontak langsung dengan penderita. Nah, cara penularannya adalah sebagai berikut:

  • Main bersama
  • Tidur di bantal yang sama dengan penderita
  • Berpelukan
  • Mengelus atau menyentuh rambut
  • Memakai barang-barang yang sama dengan penderita (topi, sisir, jilbab, handuk, atau baju)

Gejala-gejala Kutu Rambut

Biasanya, kutu rambut bisa diketahui ada di kepala manusia karena telur-telurnya yang sangat eye catching, yaitu mudah terlihat dari luar. Ada beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita ketika kutu rambut bersarang di kepalanya:

  • Terasa ada yang merayap-rayap di kepala
  • Ada kutu rambut di kulit kepala atau pangkal rambut
  • Ada telur-telur kutu rambut di helai-helai rambut
  • Terasa gatal-gatal akibat air liur dan tinja kutu rambut
  • Terasa perih atau sakit ketika terjadi infeksi di luka bekas garukan

Tapi yang perlu diingat adalah ada kalanya para penderita tidak sadar jika ada kutu rambut di kepalanya.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki keluhan kutu rambut biasanya akan menggaruk kepalanya hampir sepanjang waktu. Tidak nyaman dan melelahkan, pastinya. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Menggunakan obat yang khusus digunakan untuk membasmi kutu rambut di kulit kepala
  • Menyisir rambut sesering mungkin dengan menggunakan sisir serit atau sisir rapat
  • Sering-seringlah mencuci rambut
  • Cuci rambut dengan posisi menunduk di dalam ember. Gosok rambut secara perlahan agar kutu-kutu bisa luruh bersama air
  • Untuk sementara potong rambut sampai agak pendek, untuk mengurangi telur-telur kutu yang melekat pada rambut
  • Datang ke salon untuk melakukan perawatan rambut, sehingga meminimalisir jumlah kutu rambut di kepala

Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam membasmi kutu rambut. Apalagi para ibu yang harus siap menghadapi keluhan dari anak yang sudah terlanjur menjadi penderita. Jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi rambut dan kulit kepala secara berkala, agar terhindar dari kutu rambut dan macam-macam keluhan lainnya. Jadi, kutu, kutu apa yang bikin dagdigdug? Semoga jawabannya bukan kutunggu pernyataan cinta darimu, ya! (DES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *