Belajar Bersama Cara Meditasi Untuk Pemula

Belajar meditasi bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas mengisi waktu luang selama masa pandemi ini. Beberapa waktu yang lalu, Labirin Perempuan dalam live Instagram-nya mengundang seorang praktisi yoga, Woro Utaminingsih yang kerap membagikan ilmu meditasi dan yoga di Instagram pribadinya @woro_moglie dengan tagar #yogawithworo. Pada acara live tersebut, secara cuma-cuma Woro membagikan ilmunya kepada teman-teman Labirin Perempuan dalam judul acara “Mari Berbicara Soal Meditasi”.

Alasan Perlunya Melakukan Meditasi

Meditasi memiliki banyak jenis, namun kali ini Woro akan menjelaskan meditasi bagi pemula. Dengan harapan semakin banyak orang yang mau belajar meditasi dan menyebarkan energi baik bagi sesama dan bagi bumi. Menurut Woro, saat ini adalah saat yang tepat untuk belajar meditasi, karena kita sedang dipenuhi oleh kekhawatiran, stress, tekanan, dan ketakutan akibat wabah virus Covid19. Berdiam diri di rumah setelah sekian lama bisa saja membuat pikiran jenuh, kekhawatiran takut tertular virus, atau kekhawatiran terganggunya finansial akibat dampak wabah, bisa membuat mental tidak sehat yang juga bisa berpengaruh pada fisik tubuh sehingga mudah sakit. Maka secara umum, meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pikiran dan badan kita untuk menyadari, menerima, dan mengambil solusi atas segala apa yang terjadi pada diri dan sekeliling kita.

Manfaat Meditasi

Manfaat dari meditasi beberapa di antaranya adalah untuk melepaskan stress, healing, melatih fokus, menjernihkan pikiran, memperlancar peredaran darah, hingga mengobati sakit fisik di tubuh. Bagi pemula, untuk belajar meditasi tidaklah sulit. Bisa dengan panduan dari guru-guru yang membagikan ilmunya di berbagai platform media sosial baik Instagram, Podcast, maupun Youtube. Atau bisa juga hanya dengan mengatur pernafasan sambil mendengarkan alunan musik saja.

Berikut beberapa tips dari Woro untuk belajar meditasi bagi pemula:

Niat

Kita bisa membangun niat melalui apa saja. Niat agar badan rileks, niat agar emosi tenang, niat agar sehat, dll.

Moment dan waktu

Persiapkan moment dan waktu untuk bermeditasi. Support system dari keluarga dan sekeliling sangat membantu untuk fokus saat bermeditasi. Misalnya, bicarakan kepada suami dan anak bahwa kita ingin meditasi sebentar dan tidak ingin diganggu dulu.

Masuki tubuh sendiri

Maksud dari memasuki tubuh sendiri adalah sadari akan tubuh kita sendiri. Apakah posisi duduk sudah nyaman? Apakah kaki sudah nyaman? Lalu dilanjut dengan menegakkan punggung, meletakkan posisi tangan dengan rileks, melepaskan ketegangan di bahu, dan mulai mengatur pernapasan.

Fokuskan pikiran

Untuk tetap fokus pada niat dan ketenangan dalam meditasi, dapat dibantu dengan memusatkan pikiran pada ajna yang terletak di antara kedua alis (di atas pangkal hidung) dan menarik nafas panjang selama sekian kali. Kemudian bernafaslah dengan normal.

Berdoa

Berdoa maksudnya adalah berkata-kata baik. Bisa merupakan doa, energi, ataupun harapan pada diri sendiri, keluarga, orang lain, pada tenaga medis, pada orang yang kena PHK, pada orang sakit, atau juga pada bumi. Misalnya berdoa agar pandemi ini segera usai, atau keluarga diberi kesehatan, atau bisa juga afirmasi pada diri sendiri dengan mengatakan “Aku cinta kamu, maafkan aku, aku memaafkanmu, terima kasih” kepada tubuh kita. Kata-kata tersebut arti dari bahasa Hawaii “Ho’oponopono” yang sering diucapkan pada praktik meditasi. Doa-doa baik ini akan memberikan energi baik bagi diri kita yang juga berdampak pada keluarga dan sekeliling kita.

Mengakhiri

Mengakhiri meditasi dilakukan dengan menarik nafas panjang dan berterima kasih pada tubuh dan fikiran yang telah bekerja sama dengan baik.

Saran dari Woro, tidak perlu takut untuk memulai meditasi, karena semua orang pasti bisa melakukannya. Dengan semakin banyaknya orang yang bermeditasi, harapannya, semakin banyak pula energi baik yang dibagi untuk sesama manusia dan bumi selama masa pandemi ini. (LY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *