Yuk, Pelajari Cara Merawat Bulu Anjing Kamu

Anjing adalah salah satu hewan kesayangan yang dipelihara oleh sebagian besar orang di dunia, dan merupakan hewan yang sangat setia pada pemiliknya. Itulah daya tarik utama dalam memelihara anjing. Selain itu, anjing pun sering digunakan sebagai penjaga rumah, karena mereka sangat sensitif pada hal-hal baru ataupun orang-orang baru. Respon mereka adalah menggonggong.

Pada dasarnya, alasan tiap orang dalam memilih anjing berbeda-beda. Ada yang suka ras besar atau ras kecil. Ada yang suka bulu panjang atau pendek. Perawatan dalam memelihara anjing adalah faktor penting supaya mereka tetap sehat dan bersih. Healthy pet will be healthy owner. Berikut beberapa jenis bulu anjing dan sekilas tentang perawatannya. Semoga bermanfaat.

Jenis bulu anjing dan cara perawatannya

Bulu panjang dan halus

Contoh : Shihtzu, Golden Retriever, dan Maltese

Jenis bulu ini sebaiknya memakai shampoo dan kondisioner yang mengandung kolagen. Kolagen akan membantu menghaluskan bulu sehingga lebih mudah disisir. Jenis bulu seperti ini perawatannya hampir sama dengan rambut manusia. Usahakan menyisirnya setiap hari supaya tidak timbul gimbal. Cara menyisirnya harus searah dengan jatuhnya bulu. Biasanya jenis bulu ini seringkali dibentuk supaya terlihat seperti boneka, khususnya Shihtzu dan Maltese.

Bulu panjang dan mengembang

Contoh : Husky, Samoyed, Chow-Chow, Pomeranian, dan Alaskan Malamute

Jenis bulu ini sebaiknya memakai shampoo dan kondisioner yang bisa memberikan volume bulu supaya tetap terlihat mengembang. Cara sisirnya berbeda dengan jenis bulu panjang dan halus, yaitu harus berlawanan dengan jatuhnya bulu. Menyisir jenis bulu ini tidak perlu setiap hari, cukup 3 hari sekali karena jenis bulu ini jarang gimbal.

Bulu keriting dan mengembang

Contoh : Poodle

Jenis bulu ini memakai shampoo dan kondisioner yang sama dengan bulu panjang dan mengembang. Namun perlu ditambahkan dengan kondisioner yang mengandung kolagen untuk menjaga kehalusan bulunya. Jenis bulu ini termasuk yang paling sulit dalam perawatan karena teksturnya keriting yang seringkali terjadi gimbal. Usahakan menyisir setiap 2 kali sehari. Jenis bulu ini sering dibentuk menyerupai boneka.

Bulu pendek

Contoh : Pitbull, Pug, Bully, Beagle, dan Labrador Retriever

Jenis bulu ini sebaiknya menggunakan shampoo dan kondisioner yang berfungsi sebagai deep cleanser. Jenis ini tidak merepotkan, tapi di sisi lain, jenis bulu ini biasanya memiliki hipersensitifitas kulit. Volume minyak di kulit jauh lebih banyak, maka dari itu diperlukan deep cleanser. Menyisir tidak perlu setiap hari, dilakukan pada saat mandi saja.

Selain shampoo dan kondisioner, tambahan perawatan yang lain adalah serum dan parfum yang diberikan setelah dikeringkan. Cara pemakaiannya sangat mudah yaitu cukup dibalurkan ke seluruh bulu. Ini akan memberi efek halus, lembut, dan wangi. Jangan menggunakan produk manusia, karena itu tidak aman bagi hewan. Rangkaian perawatan mandi yang juga bisa digunakan adalah gosok gigi, ear cleaning, dan nail cut.

Lain kali kita akan bahas perawatan lainnya satu persatu, ya. (drh. Devi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *