Pesona Keindahan Pulau Labengki Dan Sombori

Banyak masyarakat Indonesia (dan juga wisatawan asing) yang hobi jalan-jalan dan mengunjungi pulau-pulau cantik di Indonesia. Namun, ternyata belum banyak yang tahu akan keindahan Pulau Labengki dan Sombori loh. Pulau yang terletak di Sulawesi Tenggara ini menyuguhkan keindahan alam lautnya. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi, antara lain: Teluk Cinta (teluk yang membentuk hati), Puncak Kimaboe, Danau Kembar Labengki, Goa Kelelawar, Goa Berlian, Puncak Kayangan, Pantai Airkiri, Danau Cermin, dsb.

Mencapai Pulau Labengki

Pulau Sombori sendiri sebenarnya sudah termasuk pada kawasan Sulawesi Tengah. Jadi letaknya memang di perbatasan. Jarak tempuh dari Pulau Labengki ke Pulau Sombori ialah 1-2 jam menggunakan kapal. Oleh sebab itu, jika kamu berniat untuk berlibur kesana, lebih baik ambil waktu minimal tiga hari agar dapat mengunjungi keseluruhan obyek wisata.

Untuk dapat mencapai pulau Labengki, kita bisa menempuh jalur udara terlebih dahulu. Terbang ke kota Kendari, lalu menyewa kapal untuk menyebrangi laut. Ada baiknya jika kita menyewa jasa tour and travel saja jika hendak berlibur ke pulau Labengki dan Sombori. Karena, jarak dari satu tempat wisata ke tempat lainnya termasuk jauh dan hanya dapat ditempuh dengan menggunakan kapal saja. Lalu, sangat disarankan untuk memakai sandal atau sepatu khusus tracking saja ya, karena tebing di Labengki sangat tajam dan bergerigi, sangat tidak disarankan menggunakan sandal jepit ataupun sepatu biasa. Bahkan, jika diperlukan, sedia sarung tangan juga ya 😉

Menginap di rumah penduduk

Salah satu hal yang menarik kalau kamu punya budget yang terbatas ialah, kamu tidak perlu tinggal di resort yang bagus (yang mana pilihannya juga belum sebanyak di pulau lain seperti Labuan Bajo ataupun Sumba). Kamu bisa tinggal di kediaman masyarakat Labengki itu sendiri. Kalau kamu menggunakan jasa tour and travel, kamu tidak perlu membayar apa-apa lagi, karena biasanya travel tersebut sudah bekerja sama dengan beberapa penduduk. Di pulau Labengki, sekolah hanya ada sampai SMP saja, jika masyarakat ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (SMA/perkuliahan), mereka harus pergi ke kota Kendari (sumber: masyarakat lokal, Agustus 2019).

Menikmati Pulau Labengki Dan Sombori

Menurut saya pribadi, Pulau Labengki dan Sombori kurang menarik bagi kalian yang bermaksud untuk diving maupun snorkling. Namun, pemandangan alamnya tidak kalah dibanding Palawan yang ada di Filipina ataupun Hanoi di Vietnam. Jika budget kalian masih terbatas, namun ingin pemanasan sebelum mengunjungi Raja Ampat, Pulau Labengki dan Sombori sangatlah saya rekomendasikan untuk dikunjungi, karena disana juga ada obyek wisata yang menyerupai Raja Ampat, yang biasa disebut, “Raja Ampatnya Sulawesi”.

Air laut dan pantai di Labengki dan Sombori masih bersih, pun masih jarang ada wisatawan yang datang berkunjung. Pada saat saya kesana, hanya terlihat dua kapal di sepanjang perjalanan. Salah satunya kapal rombongan saya tentunya. Semoga jika Labengki dan Sombori semakin dikenal oleh banyak masyarakat, tidak akan ada sampah-sampah yang berhamburan disana deh 🙂 (UtheJessica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *