Mau Tampil Cantik di Tengah Pandemi Virus Covid-19 kan?

Di tengah kondisi mewabahnya virus covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona yang masuk di Indonesia sejak Februari 2020 lalu menyebabkan banyak perubahan di berbagai sektor, baik itu pendidikan, ekonomi, seni budaya, dan juga sosial. Banyak aturan-aturan terkait dalam menjaga kesehatan agar tidak tertular virus covid-19 ini. Salah satunya adalah social distancing di mana kita diharuskan tetap di rumah, menjaga jarak antar sesama manusia, dilarang berkerumun dalam keramaian, rajin-rajin cuci tangan dengan sabun, dan terutama juga penggunaan masker setiap keluar rumah. Nah bicara soal masker, ini untuk yang digunakan sehari-hari, tentunya berbeda dengan yang digunakan oleh tenaga medis. Untuk mengantisipasi selalu adanya ketersediaan masker bagi tenaga medis dan pasien positif covid-19, maka yang digunakan sehari-hari bisa dengan masker kain. Telah banyak dijual di pasaran berbagai macam model masker. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Nah berhubung moment ini adalah bulan Ramadhan dan sebentar lagi umat islam akan merayakan hari raya idul fitri, di mana biasanya dalam merayakan hari kemenangan ini, kita ingin tampil yang sempurna. Terutama bagi perempuan yang ingin tampil cantik. Nah, jangan sampai kewajiban menggunakan masker ini bisa mengurangi gaya kamu.

Labirin Perempuan ada ide nih, gimana sih biar tetep gaya saat lebaran di tengah pandemi virus covid-19 ini, kamu bisa bergaya meski dengan memakai masker. Caranya?

  1. Siapkan bahan

Bahan-bahan ini bisa kamu dapatkan mudah di toko-toko kain

  • Masker kain 
  • Renda/kain brokat
  • Manik-manik
  • Hiasan bunga
  • Jarum, gunting, dan benang dengan warna yang senada
  • Lem tembak
  • Cat poster jika ingin bermain lukis di atas masker kain
  • Tentukan desain

Menentukan desain pola hiasan masker ini sesuai selera ya, di mana yang kamu suka meletakkan manik-manik atau ornament bunganya. Sebagai contoh misalnya manik-manik bisa diletakkan di tengah masker secara acak, ornament bunga bisa di ujung samping masker. Atau kalau misalnya kamu menentukan menggunakan kain brokat, bisa saja tanpa tambahan ornamen apapun karena kain brokat sudah kaya motif. Atau juga tanpa tambahan lapisan renda, jadi langsung bisa kamu aplikasikan ornament Bungan atau manik-manik di atas masker kain. Atau lebih pengen cantik tapi nggak pengen terkesan rame dan ribet bikinnya? Pilih masker kain dengan warna dasar putih, lalu bisa kamu aplikasikan dengan lukisan. Nggak bakalan kalah cantik deh.

  • Mulai menjahit

Setelah kamu tata lapisan renda atau kain brokatnya di atas masker, bisa langsung kamu jahit. Bisa menjahit menggunakan tangan tanpa mesin, seandainya di rumah kamu tidak ada mesin jahit. Untuk manik-manik tentunya dengan jahit tangan ya, sementara ornament bunga bisa menggunakan lem tembak dulu, kemudian baru di jahit (tetap harus di jahit ya meski sudah lengket begitu, agar lebih kuat). Nah untuk yang pengen cantik tapi nggak pengen ribet bikinnya, bisa kok dengan mengaplikasikan lukisan pada masker kain. Disini bisa menggunakan cat poster, atau juga cat sablon. Tinggal langsung aplikasikan saja di lukisan kamu.

Nah, jadi deh 😊 sekarang bisa tinggal dipakai disesuaikan dengan kostum kamu. Masker cantik ini nggak cuman buat moment lebaran aja, tapi bisa juga di moment special lainnya selama kita masih dalam masa pandemi ini. Eh, tapi meskipun masa pandemi ini berlalu nantinya, penggunaan masker juga bagus lho untuk sehari-hari apalagi buat yang sering ada di jalanan karena bisa membantu kita melindungi dari paparan sinar matahari langsung dan  polusi. Selamat mencoba 😊 (Nay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *