15 Menit Baca Buku The 5 Love Languages Karya Gary Chapman – Pahami 5 Bahasa Cinta

Pahami bahasa cintamu dengan membaca buku 15 menit saja bersama Labirin Perempuan

Siapa itu Gary Chapman? 

Gary Chapman adalah seorang penulis Amerika dan pembawa acara bincang-bincang radio. Ia terkenal karena buku tentang bahasa cinta yaitu The Five Love Languages. Namun, dia juga seorang Kristen terkemuka. Dia saat ini adalah pendeta senior di Calvary Baptist Church di Winston-Salem, North Carolina.

Sinopsis The 5 Love Languages

Bahasa cinta sangatlah kompleks. Kita semua mengalami cinta dengan cara berbeda dan memiliki kebutuhan emosional berbeda yang harus dipenuhi. 

Dalam The 5 Love Languages, Gary Chapman menguraikan bagaimana kita semua memiliki bahasa cinta kita sendiri. Masing-masing dari kita memiliki kebutuhan emosional khusus yang perlu kita penuhi agar merasa dicintai. 

Oleh karena itu, dalam setiap hubungan romantis, kita perlu memahami bahasa cinta pasangan kita dengan lebih baik. Hanya melalui pemahaman kedua pasangan tentang bahasa cinta orang lain dapat mempertahankan hubungan yang kuat.

Poin-poin Penting dalam The 5 Love Languages

Cinta adalah Kebutuhan Manusia

Love: A Feeling or a Choice?. And the problems with both of them. | by  Phillip Morina | The Ascent | Medium

Cinta adalah tujuan universal bagi manusia. Tidak peduli latar belakang, masyarakat, atau preferensi kita, kita semua ingin mengalami cinta. 

Namun, yang unik bagi setiap individu adalah jenis cinta yang secara tepat dapat melengkapi kesehatan emosionalnya. 

Gary Chapman menjelaskan bahwa arti cinta bagi Anda terkait dengan apa yang memberi Anda kepuasan emosional. Inilah mengapa manusia tidak hanya dapat mencintai orang, tetapi juga aktivitas dan barang.

Kita semua didorong oleh cinta. Tanpa cinta, kebutuhan emosional kita tidak akan terpenuhi, dan kita akan harus bersusah payah untuk sekadar menikmati bagian lain dari hidup kita. 

Misalnya, pernikahan tanpa cinta akan membuat Anda sulit menikmati bagian lain dalam hidup Anda. 

Gary memberikan contoh klien yang berjuang dengan dilema yang sama persis. Kliennya kaya, tetapi harta benda tidak dapat memenuhi kebutuhan emosionalnya. Ia masih sengsara karena istrinya tidak mencintainya lagi.

Komunikasi adalah Solusi untuk Permasalahan yang Terjadi dalam Setiap Hubungan

The One Daily Talk That Will Benefit Your Marriage

Hubungan akan selalu memiliki masa bulan madu. Tetapi, perasaan ini pada akhirnya akan memudar. Oleh karena itu, Anda harus membangun hubungan di atas pondasi komunikasi yang sehat.

Gary menguraikan tahapan cinta untuk menjelaskan bagaimana hubungan harus beradaptasi dengan waktu. 

Fase pertama cinta memiliki tanda berupa ketertarikan, atau dapat kita sebut sebagai fenomena jatuh cinta. Pengalaman ini obsesif. Anda secara naluriah ingin menghabiskan seluruh waktu Anda dengan orang lain ini. 

Tetapi, fase ini hadir karena dorongan evolusi kita untuk bereproduksi. Oleh karena itu, fase awal ini kabur oleh penilaian irasional. 

Psikolog Dorothy Tennov menemukan bahwa, berdasarkan penelitian terhadap ratusan pasangan, sebagian besar umur rata-rata hubungan hanya dua tahun. 

Jadi, setelah fenomena jatuh cinta kita hilang, kita berjuang untuk mempertahankan hubungan romantis kita.

Alat fundamental untuk mengatasi periode ketika fenomena jatuh cinta menghilang adalah komunikasi. Manusia sendiri memiliki kebutuhan emosional yang tidak dapat dipenuhi oleh cinta obsesif. 

Gary menjelaskan bagaimana cinta sejati lahir berdasar pada perubahan sikap dan pemikiran Anda tentang kebutuhan orang lain. 

Menentukan ekspektasi Anda untuk pernikahan dan terus berbagi serta menerima informasi sebagai pasangan akan membantu Anda memenuhi kebutuhan emosional satu sama lain. Inilah cinta sejati.

Pahami Bahasa Cinta Pasangan Anda

5 love language

Cinta itu unik untuk setiap individu. Karena itu, orang merasakan dan mengungkapkan cinta secara berbeda. 

Berdasarkan hal ini, memahami bahasa cinta pasangan Anda sangat penting untuk kesehatan hubungan Anda. Memahami bahasa cinta pasangan Anda akan membutuhkan waktu dan upaya; tetapi, ini penting untuk semua mitra. 

Bahkan hubungan terpanjang pun bisa rusak karena salah satu pasangan salah menerjemahkan bahasa cinta pasangan lainnya. Meskipun pasangan memiliki banyak kebiasaan, pasangan tidak akan berbagi bahasa cinta yang sama. 

Oleh karena itu, adalah umum bagi pasangan untuk hidup berdampingan dengan bahagia selama bertahun-tahun. Namun kemudian, salah satu pasangan menyadari bahwa pasangannya telah salah paham sepenuhnya.

Gunakan Kata-Kata untuk Mengekspresikan Cinta

5 love language

Gary menggunakan kata-kata filsuf Yunani Xenophon untuk menggambarkan betapa pentingnya pujian dalam hubungan: ‘Pujian adalah yang termanis dari semua suara.’ 

Kata-kata ini sama validnya saat ini seperti ribuan tahun yang lalu. Kata-kata penegasan akan membantu cinta Anda berkembang.

Gary merekomendasikan untuk memberikan pujian verbal kepada pasangan Anda sesering mungkin. 

Namun, Anda tidak ingin pujian ini berlebihan. Lebih baik bila pujian ini sederhana dan lugas. Anda ingin kata-kata tersebut keluar secara alami dan menjadi bagian dari hubungan Anda sehari-hari.

Anda harus dapat dengan mudah mengidentifikasi area di mana pasangan Anda memiliki keunggulan. Ini mungkin dalam pengasuhan anak mereka, bagaimana penampilan mereka pada hari tertentu, atau seberapa baik kinerja mereka di tempat kerja. 

Namun, anggaplah Anda sedang berjuang untuk mengartikulasikan pikiran-pikiran ini. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan surat kabar, majalah, atau episode TV untuk mengidentifikasi bagaimana orang lain menggunakan kata-kata afirmatif untuk mendukung pasangan mereka.

Kata-kata penegasan juga bisa menguntungkan Anda — kata-kata penegasan berfungsi juga sebagai permintaan. Permintaan normalnya terdengar seperti tuntutan; namun, jika Anda mempermanis permintaan, pasangan Anda akan lebih cenderung mau membantu. 

Penulis memberikan contoh lain dari klien di mana pendekatan ini berhasil. Klien tersebut telah meminta suaminya untuk mengecat kamar tidur mereka selama sembilan bulan. 

Gary merekomendasikan agar dia berhenti mengeluh tentang kemalasannya dan malah mulai memujinya setiap kali dia melakukan sesuatu yang produktif. 

Hanya tiga minggu kemudian, suaminya mulai mengecat kamar tidur mereka bahkan tanpa diminta. Pujian verbal adalah pendorong yang jauh lebih efektif daripada membuat kritik.

Habiskan Waktu Bersama dengan Cara yang Berkualitas

5 love language
5

Sangat penting untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan Anda. Di era modern, kita semua cenderung terganggu oleh teknologi. Namun, setiap kali Anda memilih teknologi daripada pasangan Anda, Anda mengurangi cinta yang dialami dalam hubungan Anda. 

Sebagai manusia, waktu adalah salah satu komoditas kita yang paling berharga. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai akan berakhir baik.

Gary menekankan pentingnya ‘kualitas’ dalam waktu yang berkualitas. Menghabiskan waktu bersama di ruangan yang sama tidak sama dengan berfokus pada satu sama lain dan tidak pada hal lain. 

Menghabiskan waktu bersama tanpa gangguan akan membantu kedua kebutuhan emosional Anda terpenuhi. 

Gary menggunakan contoh menonton pertandingan sepak bola bersama atau menatap komputer sebagai waktu yang berkualitas buruk. Sebaliknya, Anda harus terlibat dalam percakapan dan aktivitas berkualitas tinggi.

Gary menggambarkan aktivitas berkualitas tinggi sebagai sesuatu yang menarik bagi kedua pasangan. Semakin sering Anda menghabiskan waktu berkualitas bersama, semakin banyak kenangan yang nantinya dapat Anda kenang kembali. 

Gary menggunakan contoh berjalan-jalan di taman, berkebun, atau menyiapkan makanan bersama sebagai waktu yang berkualitas.

Kejutkan Pasangan Anda Dengan Hadiah

5 love language

Gary menggambarkan hadiah sebagai simbol visual cinta. Simbol-simbol ini bahkan lebih efektif jika berupa kejutan dan muncul secara teratur. Tidak peduli betapa mahalnya hadiah ini. Ini sering kali klise, tetapi pemikiranlah yang terpenting.

Gary menguraikan bahwa memberi hadiah adalah aktivitas umum di semua budaya. Ini secara khusus melekat pada praktik perkawinan di semua negara. 

Beberapa pasangan akan menerima hadiah dan akan menganggapnya sebagai bagian dari bahasa cinta mereka. Mereka akan menganggap hadiah apa pun sebagai ekspresi cinta sejati.

Meskipun pasangan akan sering memandang hadiah sebagai tindakan cinta, penting juga bahwa hadiah tersebut berkualitas tinggi. Karena itu, Anda harus mencatat hadiah yang paling sering Anda berikan kepada pasangan Anda selama bertahun-tahun. 

Kemudian, Anda dapat menggunakan bukti ini untuk memandu pemberian hadiah Anda di masa depan. 

Setiap orang memiliki keunikan dalam cara mereka menerima hadiah dan jenis hadiah apa yang ingin mereka terima. Nilai hadiah tidak dalam nilai uang. 

Sebaliknya, nilainya terletak pada gagasan memberi hadiah, proses membeli atau membuatnya, dan bagaimana hadiah itu disajikan.

Ekspresikan Bahasa Cinta Anda Melalui Mengerjakan Rutinitas Rumah Tangga

5 love language

Salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan cinta Anda kepada pasangan adalah dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. 

Coba pikirkan tugas yang tidak disukai pasangan Anda. Jika mereka tidak suka mencuci, Anda harus menawarkan untuk melakukannya sesering mungkin. 

Cara Anda untuk meringankan pasangan Anda dari tugas-tugas yang melelahkan menunjukkan bahwa Anda peduli padanya. Namun, ini juga menunjukkan bahwa Anda memahami tugas yang tidak mereka sukai. 

Tindakan ini jauh lebih ampuh jika pasangan belum pernah meminta Anda melakukannya. Oleh karena itu, daripada meminta bantuan pasangan Anda, Anda harus bertanya kepada pasangan Anda bantuan apa yang dapat Anda lakukan.

Salah satu perubahan penting yang harus Anda lakukan terkait dengan peran gender tradisional. Anda harus bersedia melakukan tugas apapun yang diinginkan mitra Anda. Ini mungkin berarti pria harus memasak, dan wanita harus memperbaiki rak.

Gary memiliki pengalaman bertemu dengan seorang pria bernama Mark. Mark dibesarkan dalam keluarga konvensional di mana ayahnya tidak pernah angkat tangan di rumah. 

Ayahnya melihat tugas-tugas seperti pekerjaan wanita dan tidak dapat membayangkan dirinya membersihkan lantai atau mengganti popok. 

Sebaliknya, Mark menghargai betapa pentingnya bagi istrinya Mary untuk membantu mengurus rumah. Jadi, dia melepaskan stereotip gendernya.

Sentuhan Fisik adalah Bahasa Cinta yang Kuat

5 love language
5

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang melihat atau mengalami tanda-tanda kasih sayang secara fisik cenderung menjalani kehidupan emosional yang lebih sehat daripada mereka yang tidak. Ini menunjukkan betapa pentingnya sentuhan fisik untuk cinta.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan tindakan seperti berpegangan tangan, berciuman, berpelukan, dan hubungan seksual. Untuk yang terakhir, Anda harus mempelajari apa yang disukai pasangan Anda. 

Anda dapat bertanya kepada mereka apa yang menurut mereka menyenangkan dan menyesuaikan perilaku Anda dengan kesenangan mereka. Sangat penting dalam hubungan bahwa kedua pasangan mempelajari apa yang menurut orang lain menyenangkan. 

Salah satu cara untuk mempertimbangkan konsep baru untuk dimasukkan ke dalam kamar tidur adalah dengan membaca tentang teknik melakukan hubungan seksual. 

Merupakan ide yang bagus untuk bereksperimen, tetapi Anda harus selalu memastikan bahwa pasangan Anda merasa nyaman.

Mengidentifikasi Bahasa Cinta Utama Anda Sendiri

Self love languages - ReachOut Forums - 346275

Setiap orang memiliki bahasa cinta utama. Oleh karena itu, Anda juga akan memilikinya. Gary menguraikan cara spesifik untuk mengidentifikasi tipe mana yang merupakan bahasa cinta utama Anda.

  1. Tanyakan pada diri Anda apa yang paling sering Anda minta dari pasangan Anda. Seringkali Anda meminta sesuatu karena itu memenuhi Anda secara emosional.
  2. Pertimbangkan apa yang terlintas di benak Anda ketika Anda ingin merasa benar-benar dihargai. Manakah dari bahasa cinta berikut yang terlintas dalam pikiran?
  3. Selain itu, Anda dapat mengidentifikasi bahasa cinta Anda dengan memikirkan saat-saat ketika perilaku pasangan Anda menyakiti Anda. Misalnya, ketika mereka belum melakukan sesuatu atau gagal memahami Anda. 
  4. Pola asuh yang Anda alami ketika kecil juga dapat membantu Anda lebih memahami bahasa cinta mana yang kemungkinan besar merupakan bahasa utama Anda. Cobalah untuk mengingat bagaimana orang tua atau pengasuh membantu Anda merasa dicintai saat Anda tumbuh dewasa.

Jika Anda bingung, lakukan tes singkat dalam tautan berikut ini untuk mengerti bahasa cinta Anda. 

Kesimpulan

Buku The 5 Love Language dari Gary Chapman ini membantu perempuan Labirin untuk meningkatkan kualitas hubungan. Penting bagi pasangan untuk membaca dan saling mengerti bahasa cinta masing-masing. Setelah memahaminya, pastikan Anda juga mencoba menerapkan beberapa bahasa cinta di rumah Anda sendiri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *